Sate Kambing dan Tongseng Asli Solo Pak Min

Sate Kambing dan Tongseng Asli Solo Pak Min – Banyak orang bilang, di cuaca dingin karena hujan paling enak makan kambing. Daging kambing memang dipercaya membuat suhu tubuh meningkat, sehingga badan menjadi lebih ‘hangat’ dalam cuaca dingin. Oleh karena itu, saya rasa sangat pas jika saya mengulas mengenai tongseng dan sate kambing.
Tongseng dan sate kambing yang saya ulas kali ini merupakan hidangan khas Solo, yang disajikan di restoran Tongseng dan Sate Kambing Pak Min. Restoran kecil ini berada di Jl. Prof Dr. Satrio, Kuningan. Jika Anda menuju Mall Ambasador dari arah Tanah Abang, maka lokasi restoran ini terletak di sebelah kiri, jauh sebelum Mall Ambasador, tepatnya di pertigaan menuju Karet Pedurenan.
Rumah makan kecil ini memang terkesan sepi pengunjung, mungkin karena posisinya yang kurang mencolok. Pertama kali saya melangkah masuk, kesan sederhana sangat kuat melekat pada rumah makan ini, seperti rumah makan kecil yang ada di daerah-daerah luar Jakarta pada umumnya, dan sepertinya dikelola oleh keluarga. Meskipun demikian, rumah makan ini cukup bersih, dan disediakan pula wastafel untuk mencuci tangan.
Ketika duduk, seorang laki-laki muda (yang saya duga merupakan anak dari sang pemilik) dengan ramah menghampiri saya dan memberikan menu. Setelah melihat sejenak, kami memesan beberapa menu umum yang menggunakan kambing sebagai bahan dasarnya. Kami memesan tongseng kambing setengah porsi, nasi goreng kambing, dan sate kambing. Untuk minum, sepertinya rumah makan ini tidak banyak menyediakan variasi minuman, kama kami hanya memesan es teh tawar sebagai penghapus dahaga.
Kami menunggu pesanan kami dimasak sekitar 10-15 menit sembari mengobrol. Ketika datang, aroma harum dalam sekejap merebak di meja kami. Untuk tongseng, meskipun hanya memesan setengah porsi, tapi porsi yang disajikan ternyata cukup banyak. Nasi goreng pesanan kami juga sangat khas Solo, dengan irisan tomat dan kol di pinggirannya. Namun yang paling menarik perhatian adalah sate kambing yang kami pesan. Seporsinya terdiri dari 10 tusuk, dengan irisan kol, tomat, bawang merah dan cabe rawit.
Untuk rasa tongseng, kuah tongseng yang kental terasa sangat gurih di lidah. Rasanya pun rasa khas tongseng, berbeda dengan tongseng pada umumnya yang biasanya menggunakan bumbu penyedap atau micin. Sedangkan untuk nasi goreng kambing, rasa hangat dari lada dan bumbu yang digunakan sangat terasa di lidah, membuat badan menjadi hangat.
Sate kambing yang kami pesan pun tidak kalah nikmatnya. Hasil pembakaran daging kambing sangat pas, ditambah rasa bumbu yang dioleskan ketika dibakar sangat meresep ke dalam daging. Lebih nikmat lagi jika dimakan menggunakan irisan cabe rawit dan bawang merah yang disediakan. Pokoknya, rasa semua hidangan yang disajikan benar-benar khas Solo. Tidak terasa bumbu penyedap buatan di sajian yang kami santap.
Untuk harga hidangan yang diberikan, memang kelihatannya agak cukup mahal. Tapi mengingat harga daging kambing juga mahal, saya rasa harga yang diberikan cukup masuk akal. Jadi bagi Anda penggemar makanan khas Indonesia, khususnya Solo, maka rumah makan ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda.
Sate Kambing dan Tongseng Asli Solo Pak Min
Jl. Prof. Dr. Satrio – Casablanca
Kuningan – Jakarta
021-60618778

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s